Senin, 10 Januari 2011

Asyiiknyaa..Rihlah bersama FOKSI..!! :D


FOKSI GOES TO COBAN RONDO
Bertepatan tanggal 25 Desember 2010 biasanya orang Nonis (Non Islam) berhari Raya Natal..Different with me..Saya mempunyai agenda yang lebih menarik yaitu. “Rihlah with FOKSI in Coban Rondo”


Pukul 06.30 mentari pagi menyambutku dengan senyuman yang indah. Itu pertanda saya harus menyambutnya dengan optimisme tinggi untuk turut serta rihlah ke Tempat itu..Setapak demi setapak saya mulai berangkat dari kos untuk mengikuti rangkaian acara rihlah bersama teman – teman foksi dimana orang – orang disana prestatif dan organisatoris dna lain – lain ..hehehe.,,, mereka juga cakep – cakep lho ikhwannya, untuk akhwatnya juga cantik –cantik..heheeee…,Sebelum berangkat kami kumpul di bawah pohon beringin Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.Setelah semuanya berkumpul, kini kami siap berangkat naek angkot. Adapun yang ikut dalam acara ini yaitu mulai pengurus foksi angkatan 2007-2010. Serruu bangeett deh karena kakak seniornya lucu – lucu and bikin ngakak pokoknya…hihihiii,,
Setelah perjalanan sampai tujuan. Tak lupanya temen – temen foksi melaksanakan shalat dhuha dahulu sebelum acara dimulai.Ini dilakukan sebagai bentuk syukur qta pda Allah SWT dimana Dia adalah Sang Khalik dan kita masih diberi kenikmatan bagaimana nikmatnya suasana di pagi hari dan cahaya matahari yang selalu menemani kita saat beraktivitas..Subhanallah..Walhamdulillah..Walailahaillallahhu Allahu Akbar.!!Usai shalat kamipun mempersiapkan segala perlengkapan untuk agenda selanjutnya. Kami pun membawa semua perlengkapan ke tempat yang cocok dan sepi. Sampai pada tempat yang sesuai langsung juga tikar – tikar dibeberkan .


Untuk agenda selanjutnya yaitu ada materi yang pematerinya adalah akhina Aulia. Beliau adalah Senior FOKSI angkatan 2007.,sebelum menyampaiakan materi beliau juga memberi motivasi kepada temen – temen., salah satu motivasi yang diberikan yaitu Yel – Yel selama rihlah..Yel –yelnya adalah.
RIHLAH ….YES..
FOKSI…YES
RIHLAH FOKSI..YES..YES!!
TAKBIR…ALLAHU AKBAR.!!!!
Subahanallah..,,. Antusias dari temen –temen LUAR BIASA..begitulah kondisi dari kami..semua kegiatan disambut dengan antusias. Adapun Materi yang disampaikan oleh beliau adalah tentang rihlah. Sekilas dibahas bahwa Rihlah itu bahasa arabnya dari irtihal yang berarti pindah dari satu tempat ke tempat lain..jadi intinya, FOKSI melakukan kegiatan rihlah pindah dari satu tempat ke tempat yang lain yaitu pindah dari kampus UB ke Coban Rondo.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menikmati bagaimana indahnya ciptaan Allah SWT, mensyukuri segala penciptaannya. Allah menciptakan semua itu tanpa sia - sia ( Robbana ma kholaqtaha dza bathila) dan mempererat ukhuwah antar pengurus angkatan 2001 – 2010 .Setelah mauidhoh hasanah selesai. Agenda selanjutnya yaitu games. Gamesnya pun variatif, asyieekkk.. dan mainnya hebohh bangeett..Apalagi sebelum games dimulai kan ada pemanasan dahulu.,dari kakak senior ada yang bertingkah aneh, Lucu dan Kocak..itu yang bikin temen – temen tertawa terbahak – bahak…wkwkwkwk.. Ada yang gayanya seperti gerak – gerakkan anggota tubuh yang gak jelas gitu..hehahaha..
Acara game pun dimulai game pertama yaitu saling mencari pasangan dari teman – teman sebelahnya. Sebelumnya peserta membuat lingkaran besar dulu setelah itu berputar – putar sambil menyanyi lagu “Potong Bebek Angsa”..setelah strucuture berkata cari pasangan 3.!! Dari peserta langsung cari pasangan 3 orang – 3 orang. Untuk yang tidak punya pasangan mendapat sanksi push up 5 kali..!! Kegiatan tu berlangsung sangat serruuu..,, dari structure sendiri punya variatif intruksi mulai dari cari 2 pasangan sampai 5 pasangan…! Emang hebat anak FOKSI dalam hal ini. Waktu demi waktu berkahirlah game itu..Beranjak ke game selanjutnya yaitu Permainan Jaga Benteng. Dimana dari Pasukannya harus melindungi bentengnya agar tidak diserang oleh musuh yang lain. Siapa yang bisa menyentuh benteng lawnnya itulah yang menang.Bentengnya sendiri yaitu dari Pohon yang Besar., Setelah pembagian menjadi 2 tim. Game pun dimulai.satu dari lawan coba untuk memancing lawan yang lain dengan tujuan agar dikejar oleh lawannya,. Daro situlah pemanasan game dimulai kami antara lawan satu dengan yang lain saling berkejar – kejaran..dan kelompok sayalah yang menang..Kelompok ku menang 3-1 dari kelompok foksi yang lain..Ternyata dari permainan itu lumayan capek juga y.,,terus berlari dan berlari untuk mencari sebuah kemenangan., dari aktivitas itu.Kami pun sudah merasa lapar.
Segera kami menuju ke basecamp utama untuk Lunch bersama..Alhamdulillah terasa nikmatnya saat kami makan bersama ada canda tawa. Dengan seperti itu rasanya kekeluargaan kami dekat ibarat suadara sendiri. Perutpun sudah terisi oleh makanan. Kamipun bersiap – siap berangkat ke coban rondo. Adapun yang berangkat jalan kaki dan naek sepeda motor. Untuk yang naek motor membawa barang yang berat – berat seperti galon karpet dan kardus – kardus.

Dalam perjalanan kami juga bernyanyi lagu pemuda islami untuk mengiringi kami sampai tujuan, Lagu yang dinyanyikan cukup bagus sih,,salah satunya yaitu Lagu yang berjudul Bingkai Kehidupan -Shoutul Harokah. Beberapa bait yang aku hafal yaitu
Mengarungi samedera kehidupan
Kita ibarat para pengembara
Hidup ini adalah petualang
Dengan rasa tak berpangku tangan
Allah adalah tujuan kami
Rasulullah teladan kami
Al – Qur’an pedoman hidup kami
Jihad adalah jalan juang kami
Allah adalah cita kami teritnggi
Tak terasa jalan setapak sejauh 2 km telah tercapai. Terik matahari menyengat tubuh kami diikuti angin sejuk yang berhembus dengan indahnya serta suara adzan tlah dikumandangkan. Itu semua menandakan bahwa shalat dhuhurpun sudah masuk pada waktunya.Kami pun langsung menuju mushola sholat dhuhur berjama’ah di mushola baitul muttaqin yang letaknya di dalam area coban rondo.Beberapa menit telah berlalu,.Usai shalat , kami melanjutkan perjalanan ke coban rondo. Coban Rondo sendiri itu adalah sebuah air terjun dimana Air terjun tersebut berasal dari air hujan yang ditampung oleh Daerah Aliran Sungai / DAS – Catcment Area). Air Terjun itu berada pada lereng Gunung Kawi. Luas DAS Coban Rondo diperkirakan 1252.6 Ha, dan curah hujannya sekitar 1.721 mm/th, sehingga diperkirakan DAS Coban Rondo menampung sekitar 21.6 milyar liter air hujan per tahun dan dialirkan ke Sungai Coban Rondo dengan debit terendah sekitar 150 liter/detik.
Perjalanan kami pun sudah mencapai puncaknya yaitu di Air Terjun Coban Rondo. Disana dipadati banyak pengunjung. Banyak pengunjung disana menikmatinya dengan berfoto – foto disekitar air terjun. Disana, pengunjung dilarang untuk mandi.Mungkin dikarenakan nanti bisa membahayakan pengunjung itu sendiri. Karena air terjun itu aliran dari atas begitu besar dan sangat deras. Ketinggian tempat itu kurang lebih 50 m.itu juga berpengaruh terhadap aliran air yang mengalir.Gaya potensial gravitasinya yang terjadi semakin besar. Temen – temen FOKSI juga sempat berfoto – foto di sekitar tempat tersebut...cekrik..cekrik




Angin dan air yang ditimbulkan dari bawah terasa dingin..Sempat kami menggigil kedinginan dengan kondisi tersebut.Setelah puas foto – foto kami istirahat sejenak di pohon – pohon sambil makan makanan ringan keripik pisang manis…kriuk..kriuk.hmmm nikmatnya..!!
Tiba – tiba gerimis menyerbu kami..segera kami menghimbau kepada yang lain agar segera pulang. Sungguh “INDAH dan MENGESANKAN” Rihlah yang diadakan FOKSI ini..
FOKSI is The best of the best…ALLAHU AKBAR.!!^_^

Related Posts by Categories



1 komentar:

  1. Asw...tulisan tentang rihlah dari ant ni untuk blog foksi belum sempet an publish..tapi bagus dah kalu dipublish di blognya sendiri :D

    BalasHapus

"Be A Real Moeslem" © 2008 Template by:
SkinCorner